Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok


Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok. Bagi kamu para pemilik ayam, pasti sudah cukup hafal dan familiar dengan penyakit yang satu ini: Ngorok / CRD (Chcronic Respiratory Disease). Dikenal juga sebagai flu nya ayam, dimana sistem pernafasan ayam terganggu atau tersumbat, sehingga menimbulkan suara saat si ayam bernafas. Bagaimana prosesnya?
Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok.Saat ayam bernapas, udara akan masuk melalui rongga hidung dan bulu getar (silia) yang ada pada rongga hidung akan menyaring partikel debu maupun bibit penyakit yang ikut tercampur dan terbawa dalam udara. Tapi bulu getar atau silia ini hanya mampu menahan partikel berukuran 3,7 -7 mikron, sedangkan ukuran bakteri penyebab CRD yaitu Mycoplasma Galisecticum ukurannya hanya 0,25 – 0,5 mikron. Jadi bakteri ini dengan mudah masuk melewati silia dan sampai ke trakea, bronkus, bronkiolus yang tidak memiliki silia untuk menyaring. Tapi tidak serta merta ayam langsung sakit, antibody ayam yang selanjutnya akan berperan terhadap bibit penyakit yang masuk.
Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok .Maka penting sekali merawat kebersihan kandang agar udara yang terdapat dikandang berkualitas dan bersih. Penataan lantai kandang (litter), kepadatan ayam, suhu dan kelembapan serta ventilasi kandang haruslah baik karena dapat mempengaruhi kualitas udaranya. Bukan tidak mungkin, udara yang kotor bercampur debu dapat memperberat saluran pernapasan atas sehingga menyebabkan kerusakan dan luka. Berpengaruh pada daya tahan tubuh si ayam, sehingga membuatnya sulit melawan bibit penyakit ayam yang masuk.
Ayam yang terkena penyakit ngorok, selain dapat di dengar dari bunyi nafasnya yang ngorok dan pilek. Ayam yang terkena CRD juga tidak nafsu makan, lesu, pucat, keluar lendir dari mulut, mata dan hidung. Ayam demam, ditandai dengan bulunya yang mengembang dan tubuh meringkuk. Pencernaannya pun jadi kurang baik, saat kita beri beras kotorannya pun masih utuh beras.
Nah.. kalau begitu apa yang dapat kita lakukan pada si ayam nan malang tersebut? Ada beberapa obat yang sudah dicoba dan di yakini bisa menyembuhkan si ayam. Apa saja itu?

1. Bawang Putih
Obat tradisional satu ini sudah banyak dikenal karena kemampuannya dalam meredakan masalah pernapasan yang diderita oleh ayam. Cara penggunaan: pertama parutlah bawang putih, di ambil sarinya lalu campurkan dengan sedikit air hangat, kemudian minumkan pada ayam yang sakit. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Bawang putih di gunakan karena mengandung zat aktif yang bersifat anti bakteri dan anti radang (anti inflamasi).

Zat anti bakteri pada bawang putih akan bantu untuk memusnahkan bakteri penyakit yang ada pada saluran pernapasan, sedangkan anti radang (anti inflamasi) akan membantu untuk menghilangkan lendir akibat peradangan. Selain dapat digunakan untuk mengobati ngorok, bawang putih juga dapat di gunakan untuk obat cacing dan juga obat untuk meningkatkan selera makan pada ayam.

Bawang Putih untuk ayam
Bawang Putih

2. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh atau yang sering disebut juga dengan belimbing sayur, buah yang rasanya asam ini ternyata juga di percaya untuk mengobati ayam ngorok. Cara pelaksanaannya: ayam yang sakit dikorok terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat sampai benar – benar bersih. Lalu kemudian ambil 1 buah belimbing wuluh yang sudah kita pencet – pencet sedikit dan langsung kita berikan pada si ayam. Belimbing wuluh ini cukup kita berikan 1 kali sehari, setiap pagi hari saja dan di ulang sebanyak 2 – 3 hari atau sampai si ayam sembuh.

3. Buah Mengkudu
Kita juga bisa menggunakan buah mengkudu, tapi sebaiknya pilihlah buah mengkudu yang sudah masak atau disebut juga dengan pace. Cara penggunaannya: ambil buah mengkudu atau pace yang sudah matang lalu dibersihkan dan di iris seukuran jari, lalu langsung lolohkan irisan buah pada ayam. Pemberian buah pace ini cukup 1 kali sehari saja, bisa di pagi hari maupun sore harinya. Saat akan di beri buah pace, sebaiknya ayam jangan diberi makan dulu. Sekian artikel Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok

0 Comment for "Metode tradisional mengatasi ayam sakit ngorok"

Back To Top